Jul 26, 2009

Sektor UKM Lebih Mampu Bertahan Dari Krisis

Usaha kecil dan menengah UKM terbukti telah menjadi tulang punggung di negara berkembang, sektor ini sanggup bertahan di terpa krisis ketimbang perusahaan besar yang mudah goyah kalau ada krisis keuangan global.


Sektor Kecil maupun menengah punya prospek bagus jika di kelola secara profesional dan mendapat kredit lunak dari bank, UKM merupakan sektor riil yang mampu memberi lapangan pekerjaan rakyat.


Dewasa ini perekonomian di negeri indonesia sedang di uji. Setelah beberapa tahun yang lalu terjadi krisis ekonomi yang menyebabkan beberapa atau mungkin banyak dari perusahaan besar yang mengalami kebangkrutan.

Tetapi dari semua itu masih ada yang bertahan, yaitu usaha kecil dan menengah. Meskipun perjuangan yang di lakukan untuk bertahan amatlah keras. Indonesia sebagai negara yang memiliki penduduk yang sangat banyak pastilah sangat sulit membuka lahan atau lapangan pekerjaan. Apalagi saat ini indonesia memasuki era globalisasi dimana bagi masyarakat dalam mencari atau mendapatkan lapangan pekerjaan itu sangatlah sulit.

Karena itulah sektor kecil dan menengah ini sangat berguna bagi masyarakat pada umumnya untuk mencari lapangan pekerjaan.
Sektor usaha kecil ini sangatlah berperan dalam pertumbuhan ekonomi negara ini.


Memiliki usaha mungkin adalah impian sebagian besar orang. Namun tidak semua yang menjalankannya bisa mengukir sukses. Apabila ditanya apakah modal menjadi faktor utama kesuksesan suatu usaha, saya berani katakan tidak,
sebab banyak contoh usaha yang di jalankan atau dengan modal besar menjadi bangkrut dan gagal dalam perjalanannya. Sebaliknya banyak juga usaha kecil yang dimulai dengan modal tidak seberapa bisa bertahan bahkan terus tumbuh.

UKM unit yang menjangkau produk kaum menengah dan bawah sehingga mampu bertahan dan produk yang di hasilkan sektor UKM pastilah di butuhkan oleh semua lapisan masyarakat, Untuk sektor yang menengah juga berpotensi menyerap tenaga kerja yang cukup untuk mengurangi pengangguran di masyarakat.

UKM di prediksi akan lebih menguasai produk yang lebih merakyat, dengan kegigihan dan profesionalitas kinerja UKM di harapkan lebih tahan lama dan dapat mampu bersaing dengan produk dari perusahaan besar dengan peningkatan mutu dan kualitas yang baik.

No comments:

Post a Comment