Sep 17, 2009

Kiat Sukses Memulai Usaha Anda

Anda seorang pedagang? Atau sedang mencoba mau berdagang, tentu harapan anda adalah dagangan yang dijual bisa laku terjual dengan dengan hasil yang maksimal. Untuk bisa membuat dagangan laris, memang ditunjang oleh beberapa faktor baik lokasi berdagang, kiat-kiat jitu, modal, promosi dan sebagainya.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan paling mudah adalah berdagang kecil-kecilan dengan modal sedikit ataupun berhutang dari bank atau kerabat. Paling sederhana dan tidak menghabiskan waktu adalah berdagang dengan menitipkan barang dagangan kita di toko orang atau tempat umum lainnya.

Untuk memulai usaha dagang sederhana langkah yang harus dilakukan adalah:

1. Tentukan konsumen yang akan kita jangkau. Hal ini sangat penting, karena kalau tidak punya sasaran yang sempit kita akan bingung menentukan barang yang akan dijual.

Tentukan jenis barang apa yang kira-kira laku di komunitas tertentu, sehingga usaha yang kita lakukan tidaklah sia-sia.

Hitung modal yang diperlukan, kalau uang tabungan kita masih kurang untuk berdagang, kita dapat meminjam uang dari keluarga, teman atau kerabat lainnya. Kenapa tidak dengan bank? Karena jangka waktu untuk pembayaran dari keluarga, teman atau kerabat lainnya masih dapat dikompromikan, hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila usaha dagang kita tidak lancar.

Contohnya jika misalnya berdagang buah maka perlu cara jitu supaya dagangannya bisa laku dan sukses.
- Tanamkan sikap optimis, berfikir positif, pantang menyerah, & segera memulai. Berdagang buah perlu perputaran penjualan yang tinggi. Buah memiliki sifat yang mudah berubah, seperti rasa, warna, bau kekenyalan dan sebagainya. Intinya buah mudah busuk. Oleh karenanya jangan pernah menjual buah yang busuk. Pelangan akan kecewa dan memilih toko lain.

HAL YANG HARUS ANDA CARI DALAM DIRI SENDIRI

- Visi, Gambarkan secara jelas, tentang apa yang anda inginkan.

- Tekad, Atasi keraguan anda sebelum memulai bisnis.

- Kebugaran, Tidak punya waktu untuk jatuh sakit.

- Kesehatan mental, Memulai suatu bisnis penuh tekanan, anda harus ulet.

- Cinta, Jika anda mempunyai seseorang yang bisa diajak berbagi suka dan duka, anda akan lebih senang.

- Uang cash, Semakin besar uang anda dicadangkan, semakin lama menunggu, sebelum mendapat penghasilan dari bisns.

- Fleksibilitas. Baru mulai suatu bisnis, anda sendiri yang membuat kopi, buang sampah dll.

- Waspada, anda harus hati-hati tetapi jangan takut ambil resiko.

- Strategi Paling Beda. Dengan tampil beda, perlahan tapi pasti penjual mampu mencuri perhatian dan "dompet" pembeli. Syarat Berhasil: Harus selalu inovatif dan kreatif serta daya juang yang tinggi/tangguh/ulet. Strategi Paling Murah. Dengan selalu menjual yang terjangkau (harga standar) pembeli akan berbondong-bondong datang dan siap menjadi pembeli. Syarat berhasil: Harus selalu menekan biaya operasional serendah mungkin, artinya Pebisnis harus mampu memaksimalkan penggunaan sumberdaya yang ada atau usaha berjalan pada skala ekonomis (Eksploitasi sumberdaya secara optimal). Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment