Sep 10, 2009

Supaya Burung Berkicau Dengan Bagus

Kalau anda hoby memelihara burung piaraan tentu harus memelihara dengan baik dan tekun agar burung tetap sehat dan dapat berkicau dengn lantang. Memang memelihara burung mempunyai keasyikan tersendiri dan juga memeliharanya juga tidak berat bahkan untuk jenis burung yang populer dapat di jual dengan harga yang cukup mahal sehingga disamping jadi hoby tapi juga memberikan penghasilan.

Hoby memelihara dan merawat burung berkicau, sudah sejak lama di gemari oleh masyarakat kita. Banyak alasan kenapa burung berkicau menjadi peliharaan yang paling banyak diminati. Beberapa alasannya antara lain: sekedar untuk didengarkan kicuannya setelah seharian disibukkan aktifitas pekerjaan, sebagai klangenan, untuk usaha breeding (ternak) dan lain sebagainya.

Bahkan akhir-akhir ini sangat banyak penghobi burung yang memelihara dan merawat burung-burung berkicau. Suatu fenomena yang sangat positip.

Kembali ke filosofi dari burung berkicau itu sendiri;
Dayak tarik utama dari burung berkicau adalah kemampuan berkicau melantunkan irama lagu yang yang baik. Disamping keindahan postur tubuh, gaya yang unik dan keindahan warna bulunya. Suara kicuan burung adalah instrumen musik dan alunan tembang lagu paling sempurna bagi setiap penghobi burung.

Volume burung sangat ditentukan oleh lebar tipisnya pita suara burung tersebut, ini identik dengam manusia. Ada manusia yang suaranya lebih keras dibandingkan dengan yang lain. Untuk burung anda, Anda hanya bisa mencoba memaksimalkan volume suara burung anda saja. Anda tidak mungkin menambah volume suara burung anda, kalau memang dasarnya memang burung anda tidak mempunyai volume suara yang keras. Untuk mengoptimalkan anda bisa mencoba beberapa cara sbb.:
- optimalkan perawatan mandi, jemur burung anda. Anda tidak menyebutkan jenis burung anda apa, jadi saya juga tidak bisa menyarankan seberapa lama anda harus menjemur burung tsb dam ekstra fooding nya apa. Untuk anis merah, anda tidak boleh menjemur burung tersebut terlalu lama.
- berikan larutan penyegar, semacam Kaki Tiga dan sejenisnya. Larutkan dengan air minum dengan perbandingan 1:1, Anda coba upaya ini selama 1 minggu, dan amati perubahannya.
- berikan extra vitamin, semacam vitasol, AD Plex, Enervon C dan lain-lain. Ingat ratio dalam pencampurannya. Untuk Enervon C, saya gunakan 1 kaplet di cairkan dengan air minum sekitar 2 liter. Vitamin-vitamin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan burung. Dengan kondisi fisik yang baik, burung juga akan semakin optimal dalam melantunkan suara-suaranya.

No comments:

Post a Comment